Metode Pembelajaran Everyone is Teacher Here


Everyone Is A Teacher Here merupakan metode dalam model pembelajaran aktif (Active Learning). Sudjana ( 1989) Menyatakan “Metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk semuanya berperan menjadi narasumber terhadap semua temannya di kelas belajar”.

Adapun Langkah penerapan metode pembelajaran ini ,menurut Hisyam,
  1.  Berikan bahan bacaan dan perintahkan peserta didik untuk membaca bahan tersebut
  2.  Bagikan secarik kertas kepada seluruh peserta didik (sebagai question card)
  3.  Peserta didik diminta untuk membuat pertanyaan dari bahan tersebut dan ditulis dikertas
  4.  Peserta didikdiminta mengumpulkan pertanyaan yang ditulis
  5.  Randomisasi kertas pertanyaan tersebut, kemudian bagikan kembali kepada semua peserta didik secara acak
  6.  Mintalah peserta didik yang telah mendapatkan question card  memahamimemikirkan jawaban dari pertanyaan tersebut
  7.  Panggil secara bergantian (bisa secara acak) setiap peserta didik untuk membaca pertanyaan dan jawaban masing-masing
  8.  Minta peserta didik lainnya untuk memberikan tanggapan terhadap penjelasan si presentator

Langkah diatas dapat diuraikan dengan skenario
Guru mulai untuk mempersiapkan bahan pengajaran, berupa sumber “bacaan” sesuai dengan Topik Materi yang sedang diajarkan. Sementara, Siswa  ditugaskan untuk membaca dan membuat sebuah pertanyaan dari sumber bacaan yang sedang diajarkan tersebut. 

Pertanyaan itu ditulis dalam suatu kartu yang sebelumnya telah ditulisk nomor absensi siswa yang dipersiapkan oleh guru. Setelah selesai, kartu pertanyaan (queston-card)  dikumpulkan lalu dibagikan kembali kepada siswa secara acak. Langkah berikutnya, Siswa dari masing-masing kelompok diberi tugas untuk melakukan presentasi dengan membaca pertanyaan dan menjawabnya, Peran Guru pada tahapan ini dapat mengevaluasi (memberikan penilaian).

Melalui metode ini, hasil yang diharapkan sebagai berikut,
  • Masing-masing siswa berani  berpendapat (menyatakan dengan benar) melalui jawaban atas pertanyaan yang telah dibuatnya berdasarkan sumber bacaan yang diberikan
  • Siswa mampu  mengemukakan pendapat melalui tulisan dan mempresentasikan di depan kelas
  • Siswa lain (Audience), diharapkan berani mengemukakan pendapat dan menyatakan kesalahan jawaban dari kelompok lain yang disanggah
  • keterlatihan siswa dalam menyimpulkan masalah dari sebuah masalah yang dikaji. [marthayunanda]

Related Posts

Metode Pembelajaran Everyone is Teacher Here
4/ 5
Oleh