Langkah Menyusun Laporan Keuangan


1.      LAPORAN KEUANGAN (Financial Statement)
Salah satu laporan yang utama adalah ; Laporan Keuangan. Untuk menghasilkan informasi ekonomi perlu diciptakan suatu metode pencatatan, penggolongan, analisis, dan pengendalian transaksi beserta kegiatan-kegiatan keuangan dan pelaporan hasilnya.
Laporan keuangan dirancang untuk pihak-pihak pembuat keputusan baik didalam maupun diluar perusahaan. Isi laporan ini adalah mengenai posisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Laporan keuangan merupakan hasil akhir proses keuangan dan merupakan bagian terpenting dalam menyampaikan informasi ekonomi suatu perusahaan kepada pihak yang memerlukan.
Penyusunan laporan keuangan harus didasari akuntansi yaitu : prinsip konsisten, konsep periode akuntansi, konsep kesinambungan, dasar kas dan metode actual.
Penyusunan Laporan Laba Rugi biasanya dibuat dalam bentuk laporan (report Form) .Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan laporan adalah :
  1. Menulis nama perusahaan pada baris pertama
  2. Menulis nama laporan
  3. Menulis periode laporan yang disajikan
  4. Menyajikan Pendapatan dibagian atas dan Beban dibagian bawah
a.       Laporan Laba/ Rugi (Income Statement)
Adalah : suatu laporan yang berisikan informasi mengenai seluruh hasil operasi (pendapatan) dan pengeluaran (Beban) dalam kegiatan produksi guna memperoleh laba pada suatu periode tertentu.

Laporan keuangan dapat disusun dengan dua langkah :
è Langkat Tunggal (Single Step)
Pada sistem ini, semua pendapatan dijumlahkan dari atas kebawah menjadi satu kelompok, kemudian dikurangi dengan jumlah seluruh beban dalam periode tersebut.


Bentuk format :
                                              Perusahaan….                 
Laporan Laba/Rugi
Untuk tahun yang berakhir 31 Desember….
Pendapatan :
Pendapatan Jasa    …………………………         Rp xxx
Pendapatan Bunga ………………………...               xxx
Pendapatan Sewa   ………………………...               xxx   +
Jumlah Pendapatan ……          Rp xxx
Beban-Beban :
Beban Gaji  ………………….    Rp xxx
Beban Perlengkapan…………          xxx
Beban Asuransi ……………..          xxx
Beban Serba-Serbi  …………          xxx
Jumlah Beban  ………  +              ( xxx)
Laba Bersih Sebelum Pajak ………………….               Rp xxx
                                                                                       

è Langkah Ganda (Multiple Step)
Pada sistem ini, kelompok pendapatan dipisahkan menjadi dua kelompok yaitu pendapatan operasional dan pendapatan non-operasional. Sementara beban dikelompokkan menjadi beban operasional dan beban non-operasional.
Bentuk format :
Perusahaan….
Laporan Laba/Rugi
Untuk th yang berakhir 31 Desember…
Pendapatan :
Pendapatan operasional
Pendapatan bunga                                  Rp xxx
Jumlah pendapatan operasional                      Rp xxx
Pendapatan Non-operasional
Pendapatan Bunga                                   Rp xxx
Pendapatan sewa                                     Rp xxx
Jumlah pendapatan non-operasional               Rp xxx
Jumlah Pendapatan                                                Rp xxx
Beban :
Beban operasional
Beban gaji                                              Rp xxx
Beban penyusutan peralatan                  Rp xxx
Jumlah beban operasional                              Rp xxx
Beban non-operasional
Beban sewa                                           Rp xxx
Jumlah beban non-operasional                      Rp xxx
Jumlah Beban                                                         (Rpxxx)
 

Laba Bersih Sebelum Pajak                                                          Rp xxx


Laporan Laba/rugi dapat dibuat dengan mengambil data pada kertas kerja dikolom laba/rugi. Saldo pendapatan diambil dari kolom kredit. Sementara saldo beban diambil dari kolom debet.

b.      Laporan Perubahan Modal (Statement of Owner’s Equity)
Adalah : suatu laporan yang berisikan perubahan atas modal pemilik perusahaan pada suatu periode akuntansi.
Format Laporan Perubahan Modal :
Perusahaan ….
Laporan Perubahan Modal
Untuk Th Yang Berakhir 31 Desember….
Modal awal                                                                      Rp xxx
Laba bersih                                                      Rp xxx
Pengambilan prive                                              ( xxx )
Penambahan modal                                                               xxx
Modal akhir                                                                     Rp xxx

c.       Laporan Neraca (Balance Sheet)
Adalah : suatu daftar yang berisikan susunan harta, kewajiban, dan modal suatu perusahaan pada suatu saat tertentu.
Daftar ini menguraikan tentang kekayaan perusahaan dan sumber pembelanjaannya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan neraca :
1.      Nama perusahaan
2.      Nama laporan
3.      Periode penyusunan laporan
4.      Susunan neraca

Cara penyusunan neraca :
1.      Harta disusun menurut urutan likuiditas
2.      Kewajiban disusun  menurut urutan jatuh temponya
3.      Modal disusun menurut urutan sifat kekekalannya

Sedangkan bentuk neraca terdiri dari :
1.      Bentuk laporan ( Refort Form)
2.      Bentuk akun ( Accoun Form)

Untuk menyajikan neraca sumber datanya diambilkan dari kertas kerja :
1.      Harta angkanya diambilkan dari kolom neraca sebelah debet
2.      Kewajiban, angkanya diambilkan dari kolom neraca sebelah kredit
3.      Modal, angkanya diambilkan dari laporan perubahan modal (modal akhir )





Bentuk akun (Account Form)
Perusahaan….
Neraca
Per 31 Desember ….
Harta
Harta lancar
Kas              Rp xxx        
Piutang               
Perlengkapan    xxx
Jumlah harta lancar Rpxxx
Harta Tetap
Kendaraan     Rp xxx
Peralatan             xxx
Jumlah harta tetap  Rpxxx
Jumlah harta                  Rpxxx
Kewajiban dan Modal
Utang Lancar
Utang usaha         Rp xxx
Utang gaji                  xxx
Jumlah utang lancar         Rp xxx
Modal
Modal pemilik                     Rp xxx



Jumlah kewajiban/modal         Rp xxx
Bentuk Laporan (Report Form)
Perusahaan…
Neraca
Per 31 Desember ….
Harta
Harta Lancar
Kas                                                        Rp xxx
Piutang                                                        xxx
Perlengkapan                                              xxx
Jumlah harta lancar                                              Rp xxx

Harta Tetap
Kendaraan                                            Rp xxx
Peralatan                                              Rp xxx
Jumlah harta tetap                                                Rp xxx
 

Jumlah Harta                                                                  Rp xxx
 

Kewajiban dan Modal
Utang Lancar
Utang usaha                                          Rp xxx
Utang Gaji                                            Rp xxx
Jumlah Utang Lancar                                            Rp xxx

Modal
Modal pemilik                                                             Rp xxx
 

Jumlah kewajiban dan Modal                                          Rp xxx

d.      Laporan arus Kas
Adalah: Suatu laporan berisikan arus kas menurut tiga jenis aktivitas sebagai berikut
1.      Arus kas dari aktivitas operasi
2.      Arus kas dari aktivitas investasi
Arus kas dari aktivitas pendanaan

Related Posts

Langkah Menyusun Laporan Keuangan
4/ 5
Oleh